BAB
III
ANALISIS
DAN PEMBAHASAN
3.1
Studi Kasus
Pada modul
Probabilitas ini, terdapat 6 studi kasus. Studi kasus pertama merupakan studi
kasus yang datanya diambil langsung pada saat simulasi praktikum berlangsung,
sedangkan studi kasus 2 sampai studi kasus 6 menggunakan data yang dibuat
sendiri.
3.1.1
Studi Kasus 1
PT. Danone Indonesia dari tahun ke tahun
selalu melakukan inovasi-inovasi baru.
Pada tahun ini, PT Danone Indonesia berencana untuk melakukan sebuah inovasi yaitu dengan memproduksi produk baru
yang belum ada di industry makanan Indonesia, yaitu susu fermentasi (yoghurt ) beraneka rasa. Varian rasa susu yoghurt yang rencananya akan diproduksi
PT. Danone Indonesia yaitu susu yoghurt rasa pisang, rasa coklat, rasa strawberry, perpaduan antara rasa coklat
dan pisang, perpaduan antara rasa pisang dan strawberry, dan yang terahir perpaduan antara rasa coklat dan strawberry. PT ini membuat susu yoghurt
yang sehat, bergizi tinggi, dan berkualitas yang mempunyai kelebihan-kelebihan
dibandingkan produk lain. Oleh karena itu PT. Danone Indonesia melakukan survey / pengamatan terhadap 30 sample
mahasiswa Gunadarma. Sehingga nantinya, PT Danone Indonesia dapat
mengetahui susu yoghurt rasa apa saja yang paling banyak diminati masyarakat
Indonesia, dengan harapan PT. Danone Indonesia mendapatkan keuntungan yang
maksimal, dan perusahaan dapat lebih berkembang di dunia industry makanan
Indonesia .
X
|
kuning
|
Coklat
|
merah
|
kuning coklat
|
kuning merah
|
coklat merah
|
1
|
0
|
1
|
0
|
0
|
1
|
|
2
|
0
|
0
|
1
|
0
|
0
|
0
|
3
|
0
|
0
|
1
|
0
|
0
|
0
|
4
|
1
|
0
|
0
|
0
|
1
|
0
|
5
|
0
|
0
|
0
|
0
|
0
|
0
|
6
|
1
|
1
|
0
|
1
|
0
|
1
|
7
|
0
|
1
|
0
|
0
|
0
|
1
|
8
|
0
|
0
|
0
|
0
|
0
|
0
|
9
|
0
|
0
|
0
|
0
|
1
|
0
|
10
|
0
|
1
|
0
|
1
|
0
|
0
|
11
|
0
|
0
|
0
|
1
|
1
|
1
|
12
|
0
|
0
|
0
|
0
|
1
|
0
|
13
|
0
|
1
|
0
|
0
|
1
|
1
|
14
|
0
|
0
|
0
|
1
|
0
|
0
|
15
|
0
|
0
|
0
|
0
|
1
|
0
|
16
|
0
|
0
|
0
|
0
|
0
|
0
|
17
|
1
|
0
|
0
|
1
|
1
|
0
|
18
|
0
|
0
|
1
|
0
|
0
|
1
|
19
|
0
|
0
|
0
|
1
|
0
|
0
|
20
|
0
|
0
|
1
|
0
|
1
|
0
|
21
|
0
|
0
|
0
|
0
|
0
|
0
|
22
|
0
|
0
|
0
|
0
|
0
|
0
|
23
|
0
|
0
|
0
|
0
|
0
|
1
|
24
|
0
|
1
|
0
|
1
|
0
|
1
|
25
|
0
|
0
|
0
|
0
|
0
|
1
|
26
|
0
|
0
|
0
|
1
|
0
|
0
|
27
|
0
|
1
|
1
|
0
|
1
|
0
|
28
|
0
|
0
|
0
|
0
|
0
|
0
|
29
|
0
|
0
|
0
|
1
|
0
|
0
|
30
|
0
|
0
|
0
|
0
|
1
|
1
|
Tabel 3.1 menunjukan hasil pengambilan data dari mahasiswa yang menyukai / tidak menyukai sepatu bola . Untuk mahasiswa yang menyukai sepatu bola diberi tanda dengan angka 1, sedangkan mahasiswa yang tidak menyukai sepatu bola diberi tanda dengan angka 0. Berdasarkan hasil pengambilan data tersebut, perusahaan ingin mengetahui frekuensi relatif / nisbi dan frekuensi harapannya.
3.2 Perhitungan Manual
3.2.1 Studi Kasus 1
|
Keterangan
:
Frekuensi kejadian A adalah
hasil terambilnya masing-masing rasa susu yoghurt
Frekuensi semua kejadian sampel A adalah keseluruhan
data yang diambil yakni 30 kali percobaan
a. Untuk rasa pisang
Rumusnya
=
=
b. Untuk
rasa Coklat
Rumusnya
=
=
c. Untuk
dua rasa Strawberry
Rumusnya
=
=
d. Untuk
rasa pisang coklat
Rumusnya
=
=
e. Untuk
rasa pisang Strawbery
Rumusnya
=
=
f. Untuk rasa Coklat Strawbery
Rumusnya
=
=
2. Frekuensi Harapan
|
a. Untuk rasa pisang
b. Untuk
rasa coklat
c. Untuk
rasa Strawberry
d. Untuk
rasa pisang coklat
e. Untuk
rasa pisang Strawbery
f. Untuk rasa Coklat
Strawbery
Tidak ada komentar:
Posting Komentar