Rabu, 05 Juni 2013

probabilitas univ gundar



BAB III
ANALISIS DAN PEMBAHASAN


3.1 Studi Kasus
Pada modul Probabilitas ini, terdapat 6 studi kasus. Studi kasus pertama merupakan studi kasus yang datanya diambil langsung pada saat simulasi praktikum berlangsung, sedangkan studi kasus 2 sampai studi kasus 6 menggunakan data yang dibuat sendiri.
3.1.1 Studi Kasus 1
PT. Danone Indonesia dari tahun ke tahun selalu melakukan inovasi-inovasi baru. Pada tahun ini, PT Danone Indonesia berencana untuk melakukan sebuah inovasi yaitu dengan memproduksi produk baru yang belum ada di industry makanan Indonesia, yaitu susu fermentasi (yoghurt ) beraneka rasa. Varian rasa  susu yoghurt yang rencananya akan diproduksi PT. Danone Indonesia yaitu susu yoghurt rasa pisang, rasa coklat, rasa strawberry, perpaduan antara rasa coklat dan pisang, perpaduan antara rasa pisang dan strawberry, dan yang terahir perpaduan antara rasa coklat dan strawberry. PT ini membuat susu yoghurt yang sehat, bergizi tinggi, dan berkualitas yang mempunyai kelebihan-kelebihan dibandingkan produk lain. Oleh karena itu PT. Danone Indonesia melakukan survey / pengamatan terhadap 30 sample  mahasiswa Gunadarma. Sehingga nantinya, PT Danone Indonesia dapat mengetahui susu yoghurt rasa apa saja yang paling banyak diminati masyarakat Indonesia, dengan harapan PT. Danone Indonesia mendapatkan keuntungan yang maksimal, dan perusahaan dapat lebih berkembang di dunia industry makanan Indonesia .


X
kuning
Coklat
merah
kuning coklat
kuning merah
coklat merah
1
0
1
0
0
1

2
0
0
1
0
0
0
3
0
0
1
0
0
0
4
1
0
0
0
1
0
5
0
0
0
0
0
0
6
1
1
0
1
0
1
7
0
1
0
0
0
1
8
0
0
0
0
0
0
9
0
0
0
0
1
0
10
0
1
0
1
0
0
11
0
0
0
1
1
1
12
0
0
0
0
1
0
13
0
1
0
0
1
1
14
0
0
0
1
0
0
15
0
0
0
0
1
0
16
0
0
0
0
0
0
17
1
0
0
1
1
0
18
0
0
1
0
0
1
19
0
0
0
1
0
0
20
0
0
1
0
1
0
21
0
0
0
0
0
0
22
0
0
0
0
0
0
23
0
0
0
0
0
1
24
0
1
0
1
0
1
25
0
0
0
0
0
1
26
0
0
0
1
0
0
27
0
1
1
0
1
0
28
0
0
0
0
0
0
29
0
0
0
1
0
0
30
0
0
0
0
1
1











































Tabel 3.1 menunjukan hasil pengambilan data dari mahasiswa yang menyukai / tidak menyukai sepatu bola . Untuk mahasiswa yang menyukai sepatu bola diberi tanda dengan angka 1, sedangkan mahasiswa yang tidak menyukai sepatu bola diberi tanda dengan angka 0. Berdasarkan hasil pengambilan data tersebut, perusahaan ingin mengetahui frekuensi relatif / nisbi dan frekuensi harapannya.






3.2 Perhitungan Manual
3.2.1 Studi Kasus 1
 
          1. Frekuensi Nisbi


                       
                        Keterangan :
Frekuensi kejadian A adalah hasil terambilnya masing-masing rasa susu yoghurt
Frekuensi semua kejadian sampel A adalah keseluruhan data yang diambil yakni 30 kali percobaan
a. Untuk rasa pisang
Rumusnya =
    =
b.   Untuk  rasa Coklat
Rumusnya =
                  =
c.  Untuk dua rasa Strawberry
Rumusnya =
 =
d.   Untuk rasa pisang coklat
Rumusnya =
                        =

e.   Untuk rasa pisang Strawbery
Rumusnya =
                  =

f. Untuk rasa Coklat Strawbery
Rumusnya =
                  =

              2. Frekuensi Harapan
                      
 
Frekuensi harapan suatu peristiwa pada suatu percobaan yang dilakukan sebanyak n kali adalah Hasil kali peluang peristiwa itu dengan n.

a. Untuk rasa pisang
                                   
                  
b.   Untuk rasa coklat
                       
                 
c.  Untuk rasa Strawberry
                       
                 
d.   Untuk rasa pisang coklat
                       
                 
e.   Untuk rasa pisang Strawbery
                       
                 
f. Untuk rasa Coklat Strawbery
                       
                 

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar